@SyifaDhani. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mana yang kau pilih? Mencintai atau dicintai, sebuah review A WISH for LOVE by Mariskova


Kirana, pada awalnya tak percaya cinta. Dia menjalani hubungan bertahun- tahun dengan Rio tanpa memikirkan apa ada cukup cinta buatnya, sementara Rio berlimpah cinta..Dan segalanya berubah, saat dia bertemu Yoshi, seorang pria Jepang, di suatu seminar internasional tentang pendidikan di Bali..

Adalah Kirana, seorang pengajar bahasa Inggris di Universitas Indonesia, yang bertahun- tahun menjalin hubungan dengan Rio, teman sekampusnya dulu, hanya dengan komitmen, tanpa cinta yang berimbang. Rio mencintainya sangat, bahkan bisa dikatakan posesif, terobsesi juga.

Pada suatu seminar di Bali, Kirana berjumpa dengan Hyosi, sesama pengajar, yang berasal dari Jepang. Dan berbeda dengan apa yang dirasakannya pada Rio, Kirana merasakan sesuatu yang lain. Perasaan yang sebelumnya tidak ada dalam kamusnya. Yoshi sukses menerbitkan debar di dada Kirana. Sebuah rasa yang juga dimiliki Yoshi sama besarnya. Pada saat itu, karena teringat komitmennya dengan Rio, Kirana mengakhiri hubungannya dengan Yoshi bahkan sebelum memulainya.

Pulang lagi ke Jakarta, Kirana disibukkan oleh masalah yang dialami keluarganya, kampusnya, juga hubungannya yang turun naik dengan Rio. Dari hati kecilnya, Kirana tetap menyimpan cintanya buat Yoshi, tapi tetap bersedia berhubungan dengan Rio. Hal yang dianggap kedua sahabatnya Julie dan Firman yang juga teman Rio, sebagai rasa kasihan belaka.
Sementara Rio yang obsesif, tetap menganggap Kirana cinta matinya, membuntutinya ke mana saja, berada sedekat mungkin di sekitar Kirana, suka atau tidak suka Kirana karenanya.



Lantas, ketika suatu saat Hyoshi yang tak bisa mengenyahkan pikirannya dari Kirana , akhirnya datang ke Indonesia dan menemui Kirana, apakah yang terjadi kemudian? Apalagi saat mereka berjalan bersama ke stasiun terdekat dari kampus Kirana, Rio memergokinya?Siapakah yang akhirnya dipilih Kirana? Akan ada ending menarik yang harus anda baca sendiri biar seru.

Novel ini, adalah novel pertama dari Mariskova yang saya baca dan saya suka. Gaya penceritaannya asyik dan mengalir. Dengan gaya cerita pov 1 untuk 3 orang tokoh utama, karakter- karakter tokoh jadi terlihat kuat.
Bagian yang tidak saya suka adalah prolognya. Sebetulnya seru, tapi kok nggak berkait erat dengan tema cerita secara keseluruhan, bahkan terkesan dipaksakan untuk adegan memotret kaos seorang preman di angkutan umum dan dikejar- kejar.
Porsi untuk Kirana dan Rio kelewat banyak,kalau dihitung secara prosentase sekitar 60% lebih dan porsi Hyosi malahan kurang banyak.Untuk ending dan penyelesaian masalah keluarga Kirana juga terkesan buru- buru. Mungkin akan lebih asyik kalau Rio nggak tiba- tiba melepaskan Kirana dan ada dialog antara dia dan Hyoshi.

Oh ya, bagian yang juga saya sukai adalah karakter- karakter yang kuat, khususnya Rio dan Kirana. Rio jelas banget obsesifnya ke Kirana, sementara Kirana kelihatan banget orang yang gamang dan tidak berjuang terlalu keras untuk cintanya. Kehadiran Julie dan Firman juga bikin novel ini lebih hidup. Pasti akan garing kalau hanya ada dialog- dialog panjang dan interaksi antara Kirana dan Rio...Sukses buat Mariskova, pingin cari novelnya yang lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

riawani elyta mengatakan...

Mencintai, mbak, bukan menyintai, hehe

Syifa dhani mengatakan...

oh ya? aku kira menyintai, aku salah ya, maafkan..

Posting Komentar