@SyifaDhani. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sekilas tentang CANTING karya Arswendo Atmowiloto

Akhirnya selesai juga membaca buku ini. Sebuah buku setebal 373 halaman yang berkisah tentang keluarga Pak Bei, seorang bangsawan sekaligus pemilik usaha batik dengan lebih dari 100 pekerja.

Sebuah buku yang sarat ilmu, tentang kebudayaan Jawa, tentang lika liku industri batik tradisional yang perlahan tergerus ancaman industri batik cap.Tentang kedudukan perempuan, baik sebagai istri dan anak dalam sebuah keluarga bangsawan, juga tentang betapa powerfullnya kedudukan seorang suami dan ayah.

Buku ini juga sarat falsafah leluhur dan sukses memotret, apa yang tidak banyak kita ketahui tentang kehidupan di balik keluarga yang dekat dengan kraton.

Tapi buku, bagaimana pun, memiliki jodohnya sendiri. Saya rasa, tidak mudah bagi pembaca non Jawa memahami isi buku ini secara gamblang, kecuali memang mereka memiliki ketertarikan terhadap masalah ini. Buat saya pribadi, buku ini, walau dalam banyak bagiannya menyajikan dialog- dialog panjang yang membosankan, memberikan saya banyak pemahaman baru. Tentang manusia, tentang budaya, tentang filosofi hidup, yang ditulis Arswendo mengalir, apa adanya.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Suhartini Syukri mengatakan...

agak skeptik dan harus berani membeli buku Cating ini, secara.. saya harus bertanya banyak sama orang Jawa, hehe... Arswendo selalu keren, pastinya.... next month..I'll hunt it, insyaAlloh.

Suhartini Syukri mengatakan...

CANTING....

Syifa dhani mengatakan...

bagus say, hanya saja kusarankan untuk membacanya secara perlahan, agar lebih dapat kau sesap maknanya..

Posting Komentar