@SyifaDhani. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cinta yang rumit..

Judul buku     :   Izinkan Aku Mencintaimu
Pengarang      :   Esi Lahur
Genre            :    Amore
Penerbit         :   Gramedia Pustaka Utama
Jumlah hal      :   280
Tahun terbit    :   2014

Akhir- akhir ini, minat saya membaca sedang tinggi- tingginya dan membaca novel- novel bergenre Amore menempati urutan paling atas. Dimulai dengan membaca novel- novel pemenang Amore yang diadakan Gramedia, maka sampailah saya pada sebuah buku berjudul Izinkan Aku Mencintamu ini.Ini buku pertama dari pengarang yang saya baca, jadi tentulah saya tak berekspektasi tinggi.Kavernya sederhana dengan gambar yang menurut saya lucu.

Novel ini berkisah tentang Gadis Lembayung, seorang asisten sekaligus sekretaris dari owner sebuah wedding organizer yang juga penulis dari banyak novel laris tentang percintaan dengan nama samaran Dilara Tsarina, dan kehidupan percintaannya yang carut marut.Terlahir sebagai  seorang perempuan cantik,pintar dan berkecukupan, tak lantas menjadikannya mudah menjalin hubungan cinta. Dan itu hanya karena satu hal, yakni dia sangat pemalu. Tak ada rasa nyaman baginya berhubungan dengan orang- orang baru dan juga dia tak suka membuka percakapan. Jadi tak bisa disalahkan kalau di umurnya yang 28 tahun, Adis belum pernah berpacaran.

Bukan berarti Adis tidak pernah menaruh hari pada laki- laki. Seperti saat cerita ini bermula. Adis naksir kekasih Lika, bossnya di kantor, Kelvin namanya. Walau hanya cinta sepihak, tapi Adis menikmati debar- debarnya dan menjadikan Kelvin salah satu tokoh utama di novel larisnya. Selain itu, Adis biasa mengambil ilham cerita dari kejadian- kejadian selama dia SMA, tentu saja dengan improvisasi si sana sini.Adis seolah hidup di dua dunia, menjadi seorang gadis pemalu sebagai Gadis Lembayung dan menjadi perempuan yang piawai merangkai kalimat lewat Dilara Tsarina.


Sampai suatu saat, datanglah sepasang kekasih yang ternyata si pria adalah Jason, temannya semasa SMA yang dulu suka memanggilnya dengan julukan aneh semacam lem atau gayung.Jason dan kekasihnya Viora akan menikah dan bermaksud menggunakan WO di tempat Adis bekerja. Dan mulai dari situlah, terjalin hubungan pertemanan kembali dengan Jason.

Sebuah hubungan yang menjadi awal dari serangkaian kisah yang rumit di antara mereka. Mulai dari Adis yang memergoki Kelvin  ( pacar Lika) berselingkuh, sehingga Lika memutuskan berpisah setelah menerima foto- foto perselingkuhan mereka yang dikirim Adis secara anonim, Viora yang juga berpacaran dengan orang lain( Adis memergokinya juga), hubungan antara Adis dan Jason yang tidak hanya sekedar teman lagi, sampai pacar lama Jason yang kembali dan hubungan  coba coba antara Lika dan Jason setelah Jason dan Viora  membatalkan rencana pernikahan mereka.

Sebuah kisah yang menurut saya lebih bagus kalau diberi judul Diary of Adis.Karena setiap halamannya seperti berkisah tentang kehidupan cinta Adis dari hari ke hari.Pada bagian awal cerita, ketika konflik masih rapat, cerita ini menarik, tapi setelah bagian tengah, mulai terasa membosankan. Ada bagian- bagian yang ditulis terlalu panjang( Pernikahan Lika dan Kelvin), juga beberapa hal yang justru kurang penting, tapi ada beberapa bagian yang berasa hilang karena tanpa penjelasan yang cukup( misalnya di halaman 198 Jason meminta Adis datang ke suatu tempat dan di halaman 199 Adis datang tanpa diceritakan bagaimana prosesnya sehingga Adis memutuskan datang).

Ada juga beberapa hal yang menurut saya inkosistensi atau bahkan berlebihan, seperti :
1/ Ada inkonsistensi di halaman 60 dan 142. Di halaman 60 diceritakan Adis mencetak foto foto Kelvin dan mengirimnya ke Lika, tapi di halaman 142 diceritakan bahwa Lika menerima bukti perselingkuhan lewat email.Selain itu diceritakan, Adis memasukkan foto ke dalam amplop menguunakan sarung tangan. Ayolah, ini bukan kisah detektif kan ya?
2/ Di halaman 95 dan 103 diceritakan Adis menjenguk Jason di rumah sakit, menyuapi Jason dan dicium tanpa protes. Rasanya mengingat diceritakan bahwa Adis adalah seorang yang pemalu, menyuapi calon suami orang dan dicium bibirnya tanpa penolakan menunjukkan adanya inkosistensi.
3/ Di halaman 221 dan 236 diceritakan tentang pertemuan kembali Jason dan Kim, eks pacar bulenya. Tapi membaca cara mereka menunjukkan ketertarikan, kok seperti membaca novel terjemahan. Apalagi pengarang dan tokohnya, juga settingnya di Indonesia. Saya membandingkannya dengan sebuah novel dengan setting luar negri dan tokohnya orang luar, tapi lebih sopan.
Tapi bukan berarti tak ada kebaikan dari novel ini. Quote- quotenya keren- keren. Juga deskripsinya tentang Wedding Organization juga hal hal seperti Facebook dan Twitter pas dan nyata. Dan walau mungkin sulit untuk mengakuinya, tokoh tokoh seperti Adis, Lika dan Jason adalah figure figure yang ada di sekitar kita, terasa tak berjarak...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar