@SyifaDhani. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Membaca 4R,sebuah kesadaran tentang pentingnya keluarga

Judul buku : 4R, The Cronicles of Audy
Pengarang  : Orizuka
Penerbit   : Haru
Jumlah hal : 317
No ISBN    : 978-602-7742-21-5

Apa yang ada di benakmu saat membaca judul 4R? Saya kira itu ukuran foto, temannya 3R.Dan ternyata saya salah besar.Empat R adalah kependekan dari Regan, Romeo, Rex dan Rafael. Empat bersaudara yang berhasil membuat seorang perempuan berusia 22 tahun yang sudah menyelesaikan semua mata kuliahnya dan tinggal menyisakan skripsi, saat tiba- tiba sebuah kabar tak sedap dari orang tuanya datang.Mereka ditipu oleh sebuah usaha berkedok investasi bodong dan kehilangan semua uang yang mereka punyai. Mereka bahkan sampai- sampai harus menjual semua harta yang dipunyai dan tak bisa lagi membiayai skripsi Audy dan membayar uang kos yang sudah nunggak 3 bulan.

Hal itulah yang akhirnya mendorong Audy untuk mencari pekerjaan. Dan pekerjaan yang akan dilamarnya adalah menjadi seorang babysitter. Jangan bayangkan seorang bayi imut dan lucu yang akan dijumpai Audy saat menuju rumah yang diberikan infonya melalui telepon.Yang Audy jumpai adalah sebuah tempat tinggal yang tidak terawat, baik di luar dan di dalam rumah. Lengkap dengan ke 4 penghuninya yang unik dan ganteng- ganteng. Tertarik dengan bayaran lumayan yang bisa digunakan untuk membayar tunggakan kos dan biaya sehari- hari dalam mengerjakan skripsi, Audy menandatangani kontrak yang dibikin Regan, kakak tertua, tanpa melihat klausal- klausalnya secara mendetil.


Ternyata babysitter yang dimaksud bukan hanya menjaga si bungsu Rafael yang berumur 4 tahunan, tapi juga merawat dan membersihkan seluruh bagian rumah, lengkap dengan menghadapi tingkah polah yang unik, aneh tapi juga menggelikan dari saudara- saudara mereka yang lain, Romeo yang jarang mandi dan tak pernah kelihatan bekerja, juga Rex, pelajar SMA si kutu buku yang hobbynya berkata pedas.Tapi karena sudah terikat kontrak, Audy harus menjalaninya.

Kejadian mnjadi semakin runyam, saat uang gaji pertama yang ketinggalan, malah digunakan Romeo untuk membeli perlengkapan main game. Hal yang berakibat pada diusirnya Audy dari rumah sewaannya. Merasa tak punya tempat lagi dan menganggap bahwa kesialan ini adalah buah dari ulah salah seorang 4R, akhirnya Audy diperbolehkan tinggal di pavilliun tepat di sebelah rumah utama.Lantas setelah hari itu, adalah saat- saat yang selalu penuh kejutan. Kejengkelan yang berbaur dengan kelucuan, juga haru biru yang memburamkan mata.Juga benih cinta yang mulai tumbuh buat Regan, kakak tertua.Perasaan yang sayangnya coba dipadamkan oleh Rex dan Romeo.

Lantas, apakah yang terjadi setelah itu? Apakah semakin lama tinggal semakin membuat Audy memahami 4 bersaudara yang ditinggalkan kedua orang tuanya karena kecelakaan itu? Juga kenapakah, masing- masing anggota keluarga itu punya sifat yang mungkin tidak biasa bagi orang lain? Lalu, saat kedua orang tua Audy menyusul ke rumah 4R, apakah mereka masih menyetujui Audy tinggal di sana?Banyak dari pertanyaan- pertanyaan ini akan dijawab di akhir cerita, tapi tidak semuanya. Karena novel ini adalah bagian pertama dari sequel yang akan dibuat.

Sudah 2 novel Orizuka yang saya baca dan dua- duanya saya suka.Tapi rasanya tak salah, kalau 4R jadi favorit. Cara Orizuka menggambarkan keadaan di rumah 4R, juga karakter tokoh- tokohnya membuat pembacanya larut dalam cerita. Kita ikut tertawa pada bagian humornya, kita ikut sedih saat Orizuka melukiskan banyak adegan sedih.Penulis memakai kata- kata dan kalimat yang sederhana, tapi efektif dan berasa ruhnya. Senang rasanya membaca novel bergenre remaja, yang sarat dengan nilai- nilai pentingnya peran keluarga. Oh ya, juga tanpa adegan kiss dan hugs, tapi tetap romantis dan manis. Tk sabar rasanya menunggu sekuelnya terbit. Go Orizuka, selalulah menulis dengan pesan- pesan kebaikan yaa...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 komentar:

Ika Koentjoro mengatakan...

Penasaran sama kisah romantisnya. Pernah baca noveknya orizuka tp lupa judulnya tp ttng korea. Kocak dan nggak pakai kiss ^^

Syifa dhani mengatakan...

4R ini kisah manis tentang hubungan 4 bersaudara yang pastinya pasang surut dik. Tapi dibalik semuanya, ada cinta yang teramat besar.Saya sudah baca 3 bukunya dan hanya punya satu kata"puas"

Nurin Ainistikmalia mengatakan...

belum pernah denger tentang Orizuka, dan belum pernah baca. Nice info Mbak,, :)

sarah amijaya mengatakan...

saya baca 2 novel orizuka. suka....pengenbaca yang ini:)

Hairi Yanti mengatakan...

Duh, kalau saya suka sama tulisannya Orizuka ini bisa2 saya pengin semua bukunya. Dan bukunya buanyak. Bahaya buat kantong :D

Syifa dhani mengatakan...

dik Sarah, bacalah dan engkau akan suka juga.

Syifa dhani mengatakan...

dik Hairi Yanti, pasti suka..#kompor..

Syifa dhani mengatakan...

dik Nurin, cobalah baca 4R ini, favorit saya...

Posting Komentar