@SyifaDhani. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Suka Duka Hidup Berumah Tangga, dalam kaca mata seorang perempuan

Judul Buku : The Marriage Roller Coaster
Pengarang : Nurilla Iryani
Jumlah hal : 206
Penerbit    :  Stiletto
 ISBN       :  978-602-7572-22-5

Apakah yang kurang dari Audi, seorang perempuan cantik di umur pertengahan 30. Lulus gemilang dari sebuah perguruan tinggi, bekerja sebagai market research, punya sahabat sejak kuliah bernama Sonya dan yang terakhir punya suami sukses bernama Rafa. Sepertinya kehidupan yang sempurna.Tapi seperti kata pepatah, bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan, maka sedikit( atau banyak) ganjalan dalam kehidupan perkawinan mereka. Dan dua masalah utama itu adalah sedikit waktu kebersamaan yang Audi nikmati bersama Rafa, karena suaminya ini bekerja nyaris terlalu keras, sampai sampai jarang pulang sebelum jam 12 malam, juga keengganan suaminya untuk memperoleh anak sekarang.

Masalah sedikitnya waktu kebersamaan itulah yang seringkali mengundang perselisihan demi perselisihan yang diselesaikan dengan tidak tuntas. Untungnya, kesibukan Audi di kantor, juga hobbynya shopping berhasil mengurangi sedikit tensi di antara keduanya.Tapi, ternyata tensi itu harus meningkat kembali.

Pertemuannya kembali dengan sang mantan, Yoga yang ternyata client baru Audi, menimbulkan friksi- friksi baru. Mulai dari kecemburuan Rafa, waktu yang tersita untuk meeting- meeting dengan Yoga.Yang kemudian berakhir dengan desakan Rafa agar Audi mengakhiri hubungannya dengan Yoga yang artinya harus menyerahkan proyek kerjasamanya kepada rekannya. Tapi karena pada saat yang bersamaan pimpinannya sedang cuti, Audi harus menunda dulu keputusannya.


Masalah semakin runyam saat Audi ternyata hamil. Sesuatu yang mereka tunda tapi harus terjadi.Kesibukannya menghandle proyeknya di kantor Yoga menyebabkan gangguan pada kehamilannya yang berakibat keharusan untuk cuti beberapa waktu. Setelah waktu cuti selesai,Rafa meminta Audi resign dari pekerjaannya dan menjadi ibu rumah tangga purna waktu. Sebuah dilemma bagi Audi yang begitu mencintai pekerjaannya, tapi disetujuinya demi suami dan calon anak dalam kandungannya.

Lantas setelah itu, apakah semua masalah selesai. Kehidupan perkawinan mereka akan berjalan dengan baik- baik saja? Apakah Yoga yang masih berharap pada Audi mengakhiri segala upayanya untuk mendapatkan Audi kembali? Dan apakah Audi akan baik- baik saja menjalani kehidupan perkawinannya?

Sebagai sebuah novel yang ditulis dengan POV 1, kerenyahannya dalam bertutur menjadikan novel ini enak dibaca. Kesukaan penulisnya untuk membaurkan banyak kalimat berbahasa Inggris juga tidak mengganggu. Sempat gemes dengan karakter Audi yang nggak teguh pendirian, juga Rafa dan Yoga. Cuma mungkin karena keterbatasan halaman,deskripsi baik tokoh maupun tempat kerja kurang detail. Juga konflik yang sepertinya nggak digarap maksimal. Cenderung tidak diselesaikan tuntas atau bahkan digantung. Tapi apa pun, tulisan renyah ini layak dibaca sebagai pengingat, bahwa kehidupan berumah tangga tidak selalu berada pada keadaan yang stagnan. Seperti roller coaster, kehidupan berumah- tangga itu turun naik dan itu kemestian. Perlu komitmen dan komunikasi yang intens, agar di posisi mana pun kita berada, itu adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar